Mowned

Mowned
My Gadget Timeline

Kamis, 22 Januari 2009

aku malu menjadi orang Indonesia! (benarkah?)

Beberapa hari yang lalu, tepatnya Senin 19 Januari 2009, atau sehari sebelum pelantikan presiden AS ke 44 Barack H. Obama, aku menonton sebuah acara (yang memang berkaitan dengan momen pelantikan Obama,) dialog antar duta besar negara-negara Islam dalam memandang masa depan dunia (khususnya, negara mereka) dalam masa pemerintahan Obama. ada dubes Palestina, dubes Pakistan, dan dubes Afghanistan (sebenarnya dubes Iran dan Irak juga diundang, tetapi mereka berhalangan).

aku bukannya mau membahas acara itu, tapi, ada yang kurasa perlu diperhatikan dalam dialog tersebut. apa itu?

yg pertama, sang dubes Palestina menyatakan betapa dia berterima kasih atas dukungan rakyat Indonesia dalam perjuangan negaranya bertahan dari agresi Israel. dia juga menyatakan bahwa memang negaranya (Palestina) mengalami perpecahan yang parah antara kelompok Fattah dan Hamas, dan bahwa perpecahan tersebut memang sedikit-banyak akibat campur tangan negara-negara barat.

yg kedua, sang dubes Pakistan menyatakan bahwa mereka (negaranya dan pemerintahannya) menyambut terbuka segala yang akan dilakukan Amerika (pemerintahan Obama) terhadap militan di Pakistan.. bahwa mereka sendiri mengakui ketidakmampuan diri menghadapi para militan.. berserah diri negara mereka dimasuki militer negara lain.

yg ketiga, yg jadi alasan aku menulis entri ini..

sang dubes Afghanistan menyatakan kekaguman pada Indonesia, atas kenyataan berikut, bahwa Indonesia mempunyai nilai plus yang tak dimiliki oleh negara manapun di Dunia :

1. Indonesia adalah satu-satunya negara dengan populasi muslim terbesar di dunia....dan mayoritas sangat moderat juga sukses dalam menerapkan demokrasi dalam kehidupan bernegara

2. Indonesia adalah satu-satunya negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar di dunia yang bisa hidup berdampingan dengan penganut agama lain seperti kristen, hindu budha dan lainnya tanpa adanya perbedaan dalam kehidupan sosial dan bernegara....dan.....satu-satunya negara di dunia yang menjadikan seluruh hari raya umat beragama yang ada di Indonesia sebagai hari libur nasional.

3. Indonesia adalah negara yang paling sukses dalam pemberantasan terorisme di dalam negerinya......padahal hal itu memerlukan sebuah keberanian yang besar namun indonesia terbukti berhasil dengan hampir tertangkap dan tereksekusinya seluruh gembong teroris di Indonesia.....

4. Presiden Indonesia sekarang adalah seorang yang penuh kharisma.......dan mungkin presiden indonesia pertama yang sanggup "berbahasa Internasional dengan Baik" maksudnya dia bisa melaksanakan perannya dalm hubungan Internasional dengan sangat baik....sehingga peran Indonesia sekarang sangat diperhitungkan dalam setipa ajang Internasional.

dan masih banyak fakta2 lain (yang takkan mungkin untuk disebutkan satu persatu) yang menunjukkan bahwa Indonesia memang berjalan ke arah yang lebih baik..

nah,

inti tulisanku diatas,

masihkah ada yang mau mengatakan "aku malu menjadi orang Indonesia"?

(maaf, bukan bermaksud mencela karya seorang anak bangsa yang diakui)

Tidak ada komentar: