Mowned

Mowned
My Gadget Timeline

Kamis, 30 April 2009

kurang darah

mungkin kita udah sering liat orang yang menunjukkan gejala terkenal : 5L (lesu, lemah, lunglai, letoi, dst) atau mengalami anemia, salah satu penyakit yang paling sering tampil di televisi (terutama waktu maghribnya jakarta). tentu kita juga udah tau kan apa obatnya? ada yg bilang sangobion, atau artoferrum, atau yg lain lah.. apa aja kurang tau, soalnya Alhamdulillah aku belum pernah kena anemia.

jadi kenapa aku nulis ttg anemia kalo belum pernah kena? jawabannya, karena skrg lagi belajar ini.

ngomong2 soal obat anemia, ternyata kita nggak bisa sembarangan. mungkin banyak masyarakat yg kalo udah dapat gejala 5L langsung pergi ke apotek dan beli sangobion..atau ada juga yg datang ke puskesmas tapi akhirnya dapatnya sangobion atau tablet besi juga.. padahal nggak semua anemia disebabkan kurang besi lo!

secara garis besar, anemia memiliki 3 penyebab. yg pertama adalah bila cadangan zat besi atau nutrisi lain didalam tubuh kita kurang / habis; dikenal dengan anemia defisiensi; nah ini baru bisa diobati dg yg tadi2. tapi ada juga jenis anemia yg bukan karena kurang besi. ada jenis anemia yg disebabkan sel-sel darah merah itu sendiri yg sifatnya nggak kuat; mudah pecah; padahal produksi normal dan cadangan zat besi tinggi tapi tetap juga dapat 5L.. duh kasian ya. ini dikenal sebagai anemia hemolitik dan biasanya disebabkan penyakit tertentu (seperti malaria) atau bisa juga faktor genetik (seperti thalassemia atau kelainan hemoglobin, yg insyaAllah lain kali aku bahas juga). ini nggak bisa diobati dengan sekedar konsumsi zat besi lebih tinggi. malahan kalo yg itu kita lakukan, akibatnya bisa fatal (keracunan zat besi)

kadang2, asupan nutrisi kita kuat, cadangan zat besi tinggi, dan secara genetik kita nggak ada bakat dapat anemia hemolitik, tapi tetap juga dapat 5L. nah, ada satu jenis anemia lagi, yaitu anemia aplastik. anemia ini terjadi karena justru 'pabrik' sel darah sendiri nggak jalan.. tau kan kalo sel darah dibuat di sumsum tulang? nah pada penderita anemia aplastik, sumsum tulangnya nggak normal.. jadi kena anemia juga. biasanya penderita anemia ini ditangani dengan transplantasi sumsum tulang atau obat2an imunosupresif, sebab ada juga yg bilang anemia aplastik ini berkaitan dengan aktivitas sistem imun yg ga normal juga.

jadi, jangan sembarangan makan besi kalo lesu. besi (dalam sayuran bayam) emang bikin popeye bertenaga, tapi kan popeye cuma kartun? siapa tau pencipta popeye emang sakit anemia defisiensi, jadinya tahunya cuma zat besilah sang penyelamat..

Tidak ada komentar: